News Update :
Home » » Tujuan & Berkembang'nya TPA Di Desa Pabelan

Tujuan & Berkembang'nya TPA Di Desa Pabelan

Penulis : Unknown on Sabtu, 24 Mei 2014 | 16.30

Pendidikan terhadap anak-anak sangat diperhatikan dalam Islam, karena Islam memandang
bahwa setiap anak dilahirkan dengan membawa fitrah (potensi) yang di kembangkan melalui pendidikan. Pendidikan Agama mempunyai fungsi dan peran yang lebih besar daripada pendidikan umumnya.
Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Dari tujuan pendidikan nasional tersebut dapat dipahami bahwa salah satu ciri manusia Indonesia adalah beriman dan bertakwa serta berakhlak mulia.

TPA merupakan wadah pendidik'an agama yang senantiasa menempa karakter bocah untuk menjadi pribadi yang santun dan agamis. Sadar akan aturan kehidupan dan juga meningkat'kan kesadaran yang berkepribadian.
 
Di Masjid An-Nur Jembangan – Pabelan sejak tahun 2000'an TPA sudah berkembang, pada saat itu dan sampai sekarang TPA di Masjid An-Nur Jembangan - Pabelan dikelola oleh anak-anak muda (kumpulan muda-mudi) yang tergabung dalam SIE ROHANI kepengurusan paguyuban muda-mudi.


foto diambil dari kegiatan TPA An-Nur Jembangan - Pabelan



 PENGERTIAN TAMAN PENDIDIKAN AGAMA (TPA)


TPA adalah lembaga pendidikan dan pengajaran Islam di luar sekolah untuk anak-anak usia SD (7-12 tahun). Waktu atau jam belajar mengajar TPA berlangsung sore hari, yaitu sebelum dan sesudah waktu zuhur atau sebelum dan sesudah waktu ashar.

Visi, Misi, Tujuan, dan Target TPA 
Visi TPA yaitu menyiapkan generasi Qur’ani menyongsong masa depan gemilang.
Misi TPA yaitu misi pendidikan dan dakwah islamiyah.
Tujuan dan target TPA yaitu untuk menyiapkan anak didiknya agar menjadi generasi Qurani.

Untuk tercapainya tujuan ini, TPA perlu merumuskan pula target-target operasionalnya. Dalam waktu kurang lebih 1 tahun diharapkan setiap anak didik akan memiliki kemampuan :

Membaca Al Quran dengan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.
Melakukan shalat dengan baik dan terbiasa hidup dalam suasana yang islami.
Hafal beberapa surat-surat pendek, ayat-ayat pilihan dan do’a sehari-hari.
Menulis huruf Al Quran

Kurikulum TPA

Penyusunan kurikulum TPA mengacu pada asas-asas sebagai berikut:

Asas Agamis bersumber dari Al Quran dan Hadits
Asas filosofis berdasarkan pada sila pertama pancasila
Asas sosio cultural bersumber pada kenyataan bahwa mayoritas bangsaIndonesiaberagama Islam
Asas Psikologis, secara psikologis Usia 4-12 tahun cukup kondusif untuk menerima bimbingan membaca dan menghafal Al-Quran, serta pemahaman nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

GBPP TPA dapat diuraikan sebagai berikut :

Tujuan Kurikulum TPA

Santri dapat mengagumi dan mencintai Al Quran sebagai bacaan istimewa dan pedoman utama.
Santri dapat terbiasa membaca Al Quran dengan lancer dan fasih serta memahami hukum-hukum bacaannya berdasarkan kaidah ilmu tajwid.
Santri dapat mengajarkan shalat lima waktu dengan tata cara yang benar dan menyadarinya sebagai kewajiban sehari-hari
Santri dapat menguasai hafalan sejumlahsuratpendek, ayat pilihan, dan doa harian.
Santri dapat mengembangkan perilaku sosial yang baik sesuai tuntunan Islam dan pengalaman pendidikannya.
Santri dapat menulis huruf arab dengan baik dan benar.

Materi Pelajaran TPA

Materi Pokok
  • Bacaan Iqra
  • Hafalan Bacaan shalat
  • Bacaansuratpendek
  • Latihan praktek shalat dan amalan ibadah shalat
  • Bacaan tadarus bittartil
  • Ilmu tajwid
  • Hafalan ayat pilihan
  • Tahsinul kitabah

Materi Penunjang
  • Doa dan adab harian
  • Dinul Islam (pengetahuan dasar akidah, syariah dan akhlak)
  • Muatan lokal seperti bahasa Arab praktis

Metode Pengajaran
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • Demontrasi
  • Latihan / drill
  • Pemberian tugas
  • Sosio drama
  • Kerja kelompok

Evaluasi (Munaqasah )

Evaluasi adalah suatu proses yang sistematis untuk menentukan atau membuat keputusan sampai sejauh mana tujuan pengajaran yang telah dicapai siswa (Norman E. Gronliund / 1976 yang dikutip oleh Ngalim Purwanto)

Secara umum, evaluasi memiliki 3 macam fungsi, yaitu:
  1. Mengukur kemajuan
  2. Menunjang penyusunan rencana
  3. Memperbaiki / menyempurnakan kembali
Adapun fungsi evaluasi secara khusus adalah sebagai berikut:

Secara Psikologis
bagi peserta didik yaitu untuk mengenal kapasitas dan status dirinya
bagi pendidik yaitu untuk mengetahui kepastian hasil usahanya

Secara didaktik
bagi peserta didik yaitu sebagai dorongan perbaikan dan peningkatan prestasi
bagi pendidik yaitu fungsi diagnostik, penempatan, selektif, bimbingan dan instruksional.

Secara administratif yaitu untuk memberikan laporan data dan gambaran keberhasilan.
Berdasarkan fungsi evaluasi tersebut, evaluasi / munaqasah di TPA dibagi menjadi 4 tahap:
Munaqasah awal untuk mengetahui sejauh mana kemampuan santri yang baru masuk dan akan ditempatkan untuk memulai IQRA berapa
Munaqasah harian atau sewaktu-waktu, dilakukan karena santri akan pindah halaman dari IQRA 1-6 atau akan pindah ayat atau halaman pada Al Quran dan juga untuk hafalan santri
Munaqasah persemester, dilaksanakan untuk mengisi raport bentuknya : lisan dan praktek shalat

Munaqasah menjelang wisuda.

Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)
Pelaksanaan KBM harian di TPA meliputi 4 kegiatan yaitu :

Pengelolan Kelas
Pengelolaan kelas dapat dimulai dengan membagi santri menjadi beberapa kelas, untuk TPA, pembagian kelas semaksimal mungkin berdasarkan kesamaan tingkat kelas di SD/MI.

Kegiatan pembukaan (Klasikal awal)
Materi : Doa-doa pembukaan dan materi tambahan

Kegiatan inti terdiri dari 2 tahap yaitu :
  1. Klasikal kelompok : hafalan dan doa harian
  2. Klasikal perorangan : baca IQRA dan menulis
Kegiatan penutup (Klasikal akhir)
Kegiatannya diarahkan pada upaya menciptakan suasana menyenangkan dan mempererat keakraban diantara mereka. Akhir pertemuan ditutup dengan doa dan harus dibiasakan agar anak-anak pulang tertib.
Berbagi Artikel ini: :

Posting Komentar

 
Gemah Ripah | Loh Jinawi | Toto | Tentrem | Kerto Raharjo | Sukoharjo | MAKMUR
Terima Kasih Atas kunjungan'nya di. TEROPONG PABELAN . salam dari anak pabelan.
Desa Pabelan | Kecamatan Kartasura | Kabupaten Sukoharjo